Minggu, 02 Januari 2022

Cara Merawat Mesin Cuci 1 Tabung Agar Selalu Bersih dan Awet

Mesin cuci 1 tabung memiliki masa pakai yang biasanya lebih singkat daripada mesin cuci 2 tabung. Hal tersebut tentu sangat disayangkan mengingat harganya yang lebih mahal. Walaupun demikian, dengan perawatan yang benar dan rutin, masa pakai mesin cuci ini juga dapat ditingkatkan. Cara merawat mesin cuci yang akan dibahas pada artikel ini akan mampu membuat mesin cuci 1 tabung lebih awet dan dapat memberikan hasil cucian yang bersih maksimal. Cara tersebut meliputi:

cara membersihkan tabung mesin cuci,cuci lg 1 tabung,bukaan atas,top loading,cara merawat mesin cuci otomatis,perawatan mesin cuci 2 tabung,cuci sharp,cara penggunaan mesin cuci samsung,
Cara Mengoperasikan Mesin Cuci Panasonic
1. Membersihkan kabinet, pintu mesin dan laci detergen
Setiap kali mencuci, pakaian kotor akan meninggalkan kotoran maupun sisa detergen yang dapat menumpuk dibeberapa bagian mesin cuci. Kotoran dan sisa detergen tersebut dapat membuat hasil cucian berikutnya tidak benar-benar bersih, bahkan dapat membuat umur penggunaan mesin berkurang. Karena itu, kabinet dan bagian-bagian dari pintu mesin harus dibersihkan dengan kain yang lembut secara rutin. Laci detergen pun harus dibuka dan dibersihkan dari sisa-sisa detergen. Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas sama dengan mesin bukaan depan. 

2. Melakukan pembersihan Pump Filter
Cara merawat mesin cuci berikutnya adalah dengan melakukan pembersihan Pump Filter. Sebelum mulai membersihkan, pastikan dulu arus listrik telah terputus dan tabung dalam kondisi kosong, tanpa air. Kemudian lepaskan filter dan bersihkan dengan air yang mengalir. Setelah semua kotoran hilang, filter tersebut dapat dipasang kembali seperti semula. Pastikan filter telah terkunci pada saat pemasangannya. 

3. Melakukan pembersihan filter air
Selain Pump Filter, filter air juga harus rutin dibersihkan. Filter ini akan menyaring air yang masuk ke dalam tabung. Jika air tersebut dalam kondisi kotor, maka kotoran tersebut akan tertinggal dalam filter ini. Kotoran yang terus menerus menumpuk dapat menyebabkan filter menjadi jenuh dan tidak mampu lagi membersihkan air secara maksimal. Karena itu filter yang terletak dibelakang mesin ini harus dilepas kemudian dibersihkan. Gunakan sikat yang lembut dan air untuk membersihkannya. Setelah itu filter dipasang kembali pada tempatnya.

4. Merawat kabel dan selang
Selain pada bagian dalam mesin cuci, perawatan juga harus diberikan pada kabel dan selang yang digunakan untuk memasukkan dan mengeluarkan air. Perawatan ini terutama dilakukan di rumah-rumah yang sering dimasuki tikus. Tikus dapat menggigit kabel listrik dan merusaknya. Selang juga rawan terkena lumut yang menyebabkannya mudah kotor dan rusak. Perawatan pada kabel dan selang ini dilakukan sama seperti cara merawat mesin cuci 2 tabung. 

Cara merawat mesin cuci 1 tabung cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemilik tanpa harus menggunakan tenaga ahli. Lakukan perawatan secara rutin setiap selesai mencuci agar kotoran tidak menumpuk ataupun terlanjur menempel kuat. Dengan perawatan yang rutin, maka mesin cuci dapat membersihkan pakaian dengan baik dan masa pakainyapun menjadi lebih lama.